Putridumai.com - Artis dan presenter dr Lula Kamal akan memberikan pembekalan kepada para peserta Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kalimantan di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Jumat (24/5).

"Selain Mbak Lula, juga akan memberikan pembekalan Pak Sony Keraf (mantan menteri)," kata Carles, humas panitia dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan Kementerian Lingkungan Hidup, Selasa (22/5).

Dr A Sony Keraf, mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup akan memberikan pembekalan bersama aktivis lingkungan Wiwin Effendi dari World Wildlife Fund (WWF atau Dana Satwa Internasional).

"Mbak Lula akan memberikan materi tidak hanya wawasan dan persoalan-persoalan lingkungan seperti juga Pak Sony dan Bung Wiwin, tapi juga ada hal manner atau tata cara perilaku," papar Carles.

Prinsip "brain, beauty, and behaviour" (cerdas, cantik, dan berperilaku terpuji) seperti umumnya pemilihan putri-putri kecantikan juga dipakai.

Acara itu diikuti 16 peserta dari empat provinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

Masing-masing provinsi meloloskan empat peserta dari seleksi di tingkat kabupaten dan kota.

Di akhir acara akan terpilih enam orang Duta Lingkungan hidup untuk Ekoregion Kalimantan," kata Carles.

Sebelumnya kegiatan akan didahului dengan konferensi pers di Hotel Grand Senyiur Balikpapan pada Rabu 23 Mei 2012 pukul 19.00 Wita.

Keesokan harinya, Kamis (24/5) seluruh peserta akan melakukan kunjungan lapangan ke kawasan mangrove di Kariangau, sekolah penerima penghargaan Adiwiyata, bank sampah di Gunung Sari, dan TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir) di Manggar, Balikpapan Timur.

Hari Jumat (25/5) peserta akan menerima pembekalan dari dr Lula Kamal, Dr Sony Keraf, dan aktivis WWF Wiwin Effendi.

Menurut Carles, setelah terpilih, para Duta Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan akan melaksanakan misi upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya di Ekoregion Kalimantan.

"Mereka menjadi motivator, penggerak kepedulian dan partisipasi masyarakat khususnya di kalangan generasi muda, sesuai dengan tema `Membangun Generasi Hijau untuk Kalimantan`," ujar Carles.

Sumber : Antara