Abrasi Pantai Guntung Makin Ancam Pemukiman Warga

Abrasi Pantai Ilustrasi : net
Putridumai.com-- Kondisi pantai garis pantai di Kelurahan  Guntung sepanjang kurang lebih 30 kilometer saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Sekitar 60 persennya mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan ini terjadi karena keadaan iklim yang memang berubah-ubah serta masyarakat yang justru menebangi pohon bakau untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Karena itu harus ditanami pohon pelindung yang menghindari abrasi.

Saat ditemui diruang kerja Lurah Guntung Efikra Syukri SSTP melalui Kasi Pemerintahan Kelurahan Guntung Idris Sardi SH mengatakan abrasi yang terjadi di sejumlah wilayah garis pantai di kelurahan Guntung,Kecamatan Medang Kampai kini dalam kondisi memprihatinkan. Hasil pantuan di sejumlah titik pantai, menunjukan luapan air laut menimbulkan jarak garis pantai dengan permukiman penduduk tinggal kurang lebih 30 kilometer. Padahal kondisi normal jarak pantai dengan perkampungan mencapai 100 meter, ini berbahaya bagi aktivitas masyarakat pesisir, karena air laut bisa menggenangi rumah warga.

Kerusakan pesisir pantai kelurahan Guntung, karena abrasi saat ini semakin parah. Proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang merusak tanah daratan itu kini kini telah mengancam kehidupan masyarakat yang bermukim di pinggir pantai tersebut. Kondisi lahan yang tergerus abrasi sudah sangat parah. 

Abrasi di pantai ini tiap tahun terus bertambah dan meluas sehingga banyak lahan dan infrastruktur pembangunan disini menghilang di terjang ombak yang kuat.Idris mengaku sangat prihatin dengan kondisi pantai dan nasib warga yang kini masih bertahan dibibir pantai tersebut. Dia berjanji kini tengah mencari solusi untuk penanganan abrasi dan nasib warga setempat. Sekitar 60 persennya mengalami kerusakan yang cukup parah. jika abrasi itu tidak segera ditangani, tidak hanya mengikis bibir pantai tetapi juga akan mengancam runtuhnya beberapa jembatan yang ada di sepanjang jalan, hingga kawasan wisata yang terdapat disini. 

Ia berharap, Pemerintah Kota Dumai segera membantu pemulihan abrasi maupun pengerukan endapan lumpur yang telah mendangkalkan muara sungai. Pemulihan tersebut sangat penting untuk membantu aktivitas nelayan yang hendak melaut dan tidak mengahanyutkan pemukiman rumah warga setempat.(**r1/n)

Posted by Erwansyah AR on 02.09. Filed under � . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

3 komentar for Abrasi Pantai Guntung Makin Ancam Pemukiman Warga

  1. dalam hal ini sebenarnya kesalahan berada dimana, apakah ada pada warga atau pada alam

  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TERPOPULER

Pengikut

2010 putridumai.blogspot.com. All Rights Reserved. - Designed by Putri Dumai