Peluang dan Potensi Ecotourism di Indonesia


Istilah “ecotourism” belum begitu populer di telinga kita. Tapi, jika kita coba kenali lebih jauh, dibalik istilah ecoturism terdapat secercah harapan yang luar biasa bagi Indonesia. Ketika kita tidak menyadari betapa mempesonanya istilah ecoturism, ada begitu banyak negara dibelahan dunia ini yang menjadikannya primadona.

Ecotourism adalah satu model pariwisata yang menitikberatkan pada kekayaan alam, harmoni lingkungan, dan tentu saja keberlangsungan-nya (sustainable).

Dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang sampai Merauke, banyak yang mengistilahkan kalau : “Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan bumi Indonesia”. Ya, dengan segala potensi kekayaan alam yang ada, Indonesia sudah selangkah jauh lebih beruntung dari negara-negara lain dalam meniti peluang ecotourism.

Sejalan dengan isu perubahan iklim dan tren “back to nature”, gaung ecotourism semakin menggema dan menyebar kesegala penjuru dunia. Berwisata alam dipercaya jauh lebih menyenangkan, refresh, dan recharge dibanding berwisata yang lainnya.

Ketika dunia sedang sibuk membangun “hutan-hutan beton”, sebetulnya tidak akan pernah senyaman tempat-tempat yang sedang sibuk mengkonversi alam. Beberapa negara maju-pun kini mulai menatap peluang dari wisata ekologi, yang tidak hanya dapat menambah devisa-devisa negara, tetapi juga berkaitan dengan sustainable alam dan kehidupan.

Ecotourism adalah wajah ceria masa depan untuk pariwisata Indonesia. Ketika masyarakat diberbagai negara maju mulai penat dengan suasana negara asalnya, mereka akan mencari cara sedemikian rupa untuk menemukan tempat wisata yang bersahabat, alami, nyaman dan bahkan tidak jarang membuat mereka enggan kembali ke negara asalnya. Inilah Indonesia yang seharusnya !.

Konsep wisata ekologis ini tidak hanya sekedar melihat alam dan kebudayaan (yang berkaitan dengan alamnya) sebagai obyek, tapi juga sesuatu yang perlu dijaga kelestariannya.

Prinspip yang ditekankan ecotourism ialah kualitas sensasi dan pengalaman yang hendak dirasakan oleh para wisatawan ketika menikmati tempat yang dikunjunginya. Ini juga harus seimbang dengan jaminan bahwa lingkungan fisik, sosio-kultural, maupun ekonomi bagi penduduk lokal dapat terjaga keberlangsungannya.

Kita dapat berkaca dari taman nasional, hutan lindung, dan kebun raya yang awalnya tidak diperuntukan bagi kegiatan pariwisata, melainkan lebih dititik beratkan untuk konservasi dan laboratorium alam. Seiring berjalannya waktu, fakta berubah. Masyarakat semakin merasa nyaman dengan wisata alam, karena pada saat mengunjungi begitu terasa harmoni yang kuat antara manusia, alam, dan pencipta-Nya.

Peluang dan potensi ecotourism ada didepan mata, tapi bisa saja hilang begitu saja ketika kita tidak dengan segera menangkapnya. Pemerintah adalah kunci pertama untuk memanfaatkan potensi ini. Pembangunan yang selama ini identik dengan stereotip pemancangan tiang-tiang beton mungkin harus dirubah dengan digiatkannya pembangunan dibidang konservasi alam.

Masyarakat harus dibawa ke arah penyadaran bahwa kekayaan alam yang ada di Indonesia tidak hanya cukup dengan dibanggakan, tapi juga harus dijaga dan dilindungi. Karena, itulah masa depan keseimbangan hidup kita. Itulah masa depan perekonomian kita. Itulah masa depan kenymanan kita.

Ecotourism harus menjadi gerakan semangat bersama : kalau kita punya konsep pariwisata yang sebetulnya jauh lebih menarik dan menguntungkan. Alam terkesan biasa saja karena kegratisan-nya, tapi tanpa disadari sebetulnya yang gratis itulah yang mahal. Saat kehidupan semakin tidak alami, orang akan banyak mencari belahan bumi yang natural seraya berkata : “Inilah keindahan hidup yang sesungguhnya !”

“Each blade of grass has its spot on earth whence it draws its life, its strength; and so is man rooted to the land from which he draws his faith together with his life.”

Joseph Conrad

sumber : sideofyou

Posted by Erwansyah AR on 06.22. Filed under � , � . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Peluang dan Potensi Ecotourism di Indonesia

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TERPOPULER

Pengikut

2010 putridumai.blogspot.com. All Rights Reserved. - Designed by Putri Dumai