Kemana dan Mau Kemana Putri Dumai?


Mungkin masyarakat dumai bertanya kemana dan mau dikemanain setelah terpilih menjadi putri dumai, apakah pemilihan putri dumai hanya sekedar event yang berlalu begitu saja dan tidak ada kelanjutan setelah terpilihnya menjadi putri dumai?

Flashback dari sejarah, kota dumai yang cantik ini ternyata pernah mempunyai tujuh orang putri yang cantik di zaman kerajaan sri bunga tanjung, sehingga kecantikan putri putri dari kerajaan sribunga tanjung ini terdengar sampai ke kerajaan aceh, dan menghipnotis sang raja untuk memiliki salah satu dari ketujuh putri, yaitu Putri mayang mengurai. namun pinangan tersebut ditolak dengan alasan retorika budaya dan adat istiadat setempat, hal inilah salah satu penyebab kematian putri tujuh dari kerajaan sri bunga tanjung.

Namun point utama yang bisa diambil dari legenda ini adalah sang ibu dari putri tujuh tersebut, yaitu ratu cik sima. karena ternyata beliau adalah seorang aktivis perempuan pada zaman itu, dan mempunyai peran yang besar di kerajaan sri bunga tanjung dalam hal pemberdayaan hak-hak perempuan, beliau juga ternyata seorang wanita yang cerdas sehingga peranan beliau di kerajaan sri bunga tanjung terdengar sampai ke kerajaan aceh. inilah runtutan kejadian sampai terdengarnya kabar bahwa di kerajaan sri bunga tanjung mempunya putri yang cantik, berawal dari ratu cik sima yang lebih dulu populis dikarenakan kecerdasan beliau dalam hal memberdayakan perempuan, dari beliaulah kemudian diketahui ternyata sang ratu cik sima mempunyai putri yang cantik.

Kembali kepada "kemana dan mau dikemanakan", berangkat dari kisah historis tersebut inilah landasan munculnya event putri dumai 2011 yang visinya antara lain ingin memunculkan kembali "Ratu Cik Sima" yang baru di kota dumai, seorang tokoh wanita yang cerdas dan peduli terhadap hak-hak wanita, kalau dulu dumai mempunyai seorang figur kenapa sekarang tidak? dan dumai mempunya potensi untuk itu, asalkan warganya masih peduli dengan kemajuan kota dumai.

Dan inilah salah satu faktor hadirnya Qory Sandioriva Putri Indonesia 2009 pada masa-masa pemilihan Putri Dumai 2011, dan beliau juga sempat memberikan edukasi kepada para finalis dalam masa karantina. imbas dari kedatangan Putri indonesia 2009 ini sudah jelas ada yang beliau bawa pulang oleh-oleh dari dumai ke tingkat nasional (entah itu positif dan negatif), dan salah satu hal yang positif dari kedatangan beliau adalah Putri Dumai terpilih bisa lansung mengikuti pemilihan putri indonesia tanpa harus mengikuti seleksi di provinsi riau (pekanbaru) terlebih dahulu.(pertanyaanya siapa yang bisa membawa putri dumai ke putri indonesia?), inilah yang menjadi PR bagi kita dan warga dumai tentunya.

Semoga dengan adanya ikon seorang putri yang cantik dan cerdas dikota dumai bisa mengusung pariwisata kota dumai ke tingkat nasional, bahkan dunia, Thnks All (R1)

Posted by Erwansyah AR on 02.43. Filed under � . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

1 komentar for Kemana dan Mau Kemana Putri Dumai?

  1. Semoga niat baik untuk memajukan Dumai, khususnya dibidang pariwisata dapat terwujud...

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TERPOPULER

Pengikut

2010 putridumai.blogspot.com. All Rights Reserved. - Designed by Putri Dumai